Geodesi itu apa ya?

Udah nggak kehitung saat perkenalan dan bilang background jurusan Teknik Geodesi kemudian yang nanya melongo. What kind it is? Cuma semakin hari kok saya semakin gatel ingin kasih tahu apa itu geodesi. Terlebih lagi, saya hadir bekerja di lingkungan dengan background Geodesi yang minimalis. Jadi ya, semoga bisa membantu untuk memahami bahwa kami bisa melakukan apa yang orang geografi bisa lakukan. (sebut merek moon maap).

Berikut saya copas dikit dari Web Geodesi UGM :

  • Geodesi berasal dari bahasa Yunani, Geo (γη) = bumi dan daisia / daiein (δαιω) = membagi, kata geodaisia atau geodeien berarti membagi bumi.
  • Menurut IAG (International Association Of Geodesy, 1979), Geodesi adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang pengukuran dan perepresentasian dari Bumi dan benda-benda langit lainnya, termasuk medan gaya beratnya masing-masing, dalam ruang tiga dimensi yang berubah dengan waktu.
  • Pada masa sekarang ini, bidang – bidang dari cabang ilmu geodesi yang dapat dipelajari oleh mahasiswa dapat dibagikan menjadi bidang survei dan pemetaan secara terestris, survei dan pemetaan secara hidrografis, bidang geoinformatika atau sistem informasi geografi, bidang administrasi pertanahan dan property, bidang manajemen wilayah perbatasan dan juga bidang fotogrametri dan penginderaan jauh.

Oke segitu copas saya dari web jurusan saya.

Simpelnya, geodesi adalah pemetaan. Pemetaan di darat, dari udara, dan di laut. Yes, I’ve been there belajar segala cara ilmu pemetaan. Cuma, kemudian kita harus memilih ke lebih cinta ke bagian apa, kebetulan saya salah satu yang ‘nyeleneh’ karena lebih cinta hukum laut dan pemetaan laut (Alhamdulillah ini yang mengantarkan saya ke kerjaan sekarang).

Realita sekarang, temen-temen saya banyak yang bekerja di Konstruksi, Tambang, Minyak dan Perkebunan. Meskipun sedikit banget sih yang ke perminyakan, karena you know dunia perminyakan gimana kondisinya.

Geodesi menjadi ujung tombak awal dalam membuat suatu konstruksi (pemetaan kontur dsb), baik dalam konstruksi bangunan, jalan, ataupun tambang.

Okay readers, yang mau tanya-tanya, kolom komen boleh diisi.

 

Thanks,

Sabilakhla.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s